Lemak dan kesehatan 41160050

 

Faktor Risiko Kejadian Diabetes Melitus Tipe II Di Puskesmas Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat Tahun 2012

Dari artikel itu saya akan membahas faktor risiko dari penyakit DM (Diabetes Melitus) yang berhubungan dengan kadar lemak dan kolestol dalam tubuh kita.

Obat-Herbal-Diabetes-Melitus.jpg

Jika kita membaca hasil penelitian dari artikel tersebut, kita dapat melihat bahwa faktor utama penyebab DM adalah penumpukan lemak yang berlebih dan kadar kolestrol yang tinggi pada penderita DM. Kadar kolestrol yang tinggi dan penumpukan lemak yang berlebihan pada tubuh akan menyebabkan peningkatan asam lemak bebas atau FFA (Free Fatty Acid) pada sel. Peningkatan FFA akan menurunkan translokasi transporter glukosa ke membrane plasma, dan menyebabkan terjadinya resistensi insulin pada jaringan otot dan adipose. Resistensi insulin tersebut juga akan menyebabkan kerusakan sel beta pada pankreas (Sel penghasil insulin).

Maka di sini, saya ingin menyarankan pada anda untuk menjaga gaya hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit ini.  Pertama lakukan aktivitas fisik rutin untuk mengontrol gula darah anda, dengan melakukan olahraga aerobik (seperti jogging) tubuh kita akan menggunakan lemak kita untuk menggantikan energi yang hilang dan dengan itu, kita akan terhindar dari penumpukan lemak berlebihan dalam tubuh kita. kedua adalah mengatur asupan makanan kita, hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh  (mentega , lemak babi, produk susu tinggi lemak, dll.) untuk menghindari peningkatan kadar kolestrol dalam tubuh kita.

Ketiga, manajemen stress kita. Produksi hormon kortisol pada orang yang mengalami stress panjang akan mempunyai kecenderungan berat badan yang berlebih, yang merupakan salah satu faktor risiko diabetes melitus. Setelah membaca artikel ini, saya berharap kita dapat membangun gaya hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit ini.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Lemak dalam tubuh kita itu disimpan dalam tubuh kita di dalam jaringan adiposa kita. Lemak merupakan cadangan energi tubuh yang terbesar karena dapat menghasilkan 9 kkal/gr yang mengalahkan energi hasil 2 makromolekul lainnya. Lemak di simpan dalam sel – sel lemak pada jaringan adiposa dan sel – sel otot dalam bentuk asam lemak. asam lemak dapat langsung menyatu dengan membran sel. Asam lemak dapat dihasilkan dengan proses hidrolisis trigliserida dan fosfolipid. Pada saat lemak hendak digunakan untuk menghasilkan energi,  pertama – tama lemak harus ditranspor dari jaringan lemak ke jaringan lain. lemak yang ditranspor terutama harus dalam bentuk asam lemak bebas. asam lemak bebas dapat tercipta ketika asam lemak yang meninggalkan sel lemak bergabung dengan molekul albumin protein plasma. Walaupun jumlah asam lemak bebas dalam darah sangat sedikit, konsentrasi asam lemak bebas dalam darah dapat meningkat lima sampai 8 kali. Keadaan seperti inilah yang terutama terjadi pada kasus kelaparan dan diabetes melitus. Pada keadaan normal, hanya sekitar 3 molekul asam lemak yang dapat bergabung dengan 1 molekul albumin, namun sebanyak 30 molekul asam lemak dapat bergabung dengan 1 molekul albumin jika kebutuhan akan transpor lemak sangat besar.

Guyton dan Hall Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, ed 12

Lemak dan Kesehatan 2016

Kuliah di FK UKDW 41160050

Perkenalkan , saya adalah mahasiswa angkatan 2016 di FK UKDW. Saya datang jauh – jauh dari Manado untuk belajar di UKDW agar saya dapat menjadi seorang Dokter. Hobi saya adalah main game tapi sejak menjadi mahasiswa kedokteran, belajar juga menjadi hobi saya. Jam belajar dan bermain saya selalu pada dini hari ( sekitar jam 1 – 6 ) dan saya menyukai semua pelajaran di kedokteran ini.

Kesan saya selama hampir 1 semester kuliah di sini adalah sangat menarik. Pada awalnya saya agak susah dalam mengatur jadwal saya sehari – hari karena baru pertama kali tinggal sendiri. Tapi lama kelamaan saya sudah bisa menyesuaikan diri saya dengan kegiatan perkuliahan di sini. Soal pelajarannya, saya sejak mengenal pelajaran anatomi, saya langsung tertarik dengan pelajaran itu sampe sekarang. Walaupun sempat inhal 1 atau 2x , semangat saya tidak pernah pudar untuk pelajaran ini dan juga pelajaran fisiologi yang selalu saya baca untuk tutorial, sungguh menarik ketika kamu belajar fisiologi sistem tertentu sambil belajar juga anatomi nya. Untuk pelajaran yang lain, saya masih menyesuaikan diri tapi saya tetap menyukai pelajaran – pelajaran tersebut.

Untuk nilai, mungkin saya bisa pulang dengan nyaman tanpa harus remidi semester ini karena nilai saya cukup bagus dari blok 1.01 – blok 1.02, semoga pada blok 1.03 saya tetap mendapat nilai yang baik agar bisa pulangn dengan nyaman. Untuk pergaulan saya di sini, saya mendapat teman – teman yang baru dan menarik, yang memotivasi saya untuk lebih rajin belajar tapi juga tidak lupa pada teman sejawat. Intinya, selama 1 semester ini saya banyak mendapat hal – hal baru yg dapat saya pelajari dan semoga saya dapat menyelesaikan perkuliahan saya dengan baik dan tepat waktu.

Mahasiswa FK UKDW Yogyakarta

Karbohidrat 41160050

karbohidrat.jpg

Di negara – negara dalam benua Asia karbohidrat di  anggap sebagai komponen makanan yang aman,  contohnya jika kita akan makan , kita belum menganggap diri kita telah makan jika kita belum memakan nasi sehingga kadang – kadang pemasukan karbohidrat yang berasal dari nasi itu sering melebihi proporsi yang normal. Para peniliti akhir – akhir ini telah menemukan bahwa kelebihan karbohidrat dalam tubuh ( dalam bentuk glukosa ) dapat menjadi faktor risiko untuk beberapa penyakit seperti ateroskelerosis yang menjadi pemicu penyakit jantung koroner. Karbohidrat yang berlebih pada tubuh itu akan meningkatkan kadar trigliserida pada tubuh kita yang akan menyebabkan kondisi medis seperti diabetes melitus, hipotiroid, dan gangguan pada ginjal. Berdasarkan data dari referensi saya, dapat dilihat bahwa pemberian karbohidrat dalam proporsi tinggi mempunyai pengaruh besar dalam penurunan kinerja dari insulin yang memiliki fungsi pengontrol gula darah karena terjadinya resistensi insulin yang disebabkan oleh hiperglikemia ( peningkatan kadar glukosa dalam darah ) dan peningkatan trigliserida dalam darah yang menjadi faktor penyebab aterosklerosis. Jadi, yang saya ingin sampaikan adalah kita harus mengontrol proporsi pemasukan karbohidrat kita , contohnya pada saat makan nasi, ambillah nasi yang secukupnya dan perbanyak dilauknya agar keseimbangan nutrisi yang masuk ke tubuh tetap terjaga. Semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca.

karbohidrat yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa. Jika terjadi kelebihan glukosa dalam darah ( hiperglikemia ), dapat menyebabkan kondisi – kondisi medis yang seperti diabetes melitus, jantung koroner dan lainnya. Maka saya ingin menghimbau untuk membatasi konsumsi karbohidrat yang berlebih. Mengapa ? karena jika kita hanya ingin mencari kadar glukosanya, glukosa juga dapat di ambil dari pemecahan protein dan lemak sehingga  konsumsi karbohidrat yang berlebih hanya akan merusak tubuh kita.  Maka dari itu, hindarilah konsumsi karbohidrat berlebih demi kesehatan tubuh kita.

referensi yang saya gunakan : PENGARUH PEMBERIAN DIET TINGGI KARBOHIDRAT DIBANDINGKAN DIET TINGGI LEMAK TERHADAP KADAR TRIGLISERIDA DAN HDL DARAH vol 22 , no.2 , 2006

Responsi Biokimia Karbohidrat 2016